Rabu, 17 Agustus 2011

Bagaimana Menciptakan SDM berbasis Kompetensi


Bagaimana menciptakan sdm berbasis kompetensi?
     Masih seputar sumber daya manusia yang dimiliki organisasi. Kondisi masa yang akan datang memang sulit untuk diprediksi, tentunya ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi. Adanya perkembangan globalisasi yang semakin cepat diiringi persaingan tenaga kerja yang semakin tinggi. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi sdm yang berkualitas, handal, memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi serta menguasai keterampilan dan pengetahuan disegala bidang, hal ini dapat memberikan nilai plus untuk sdm tersebut.
     Bagaimana menciptakan sdm yang memiliki kompetensi? Hal ini tidak terlepas dari strategi sdm yang dibangun oleh organisasi itu sendiri yang didalamnya berbasis kompetensi. Dengan adanya manajemen sdm yang berbasis kompetensi didalam organisasi tersebut maka dalam setiap tahapan pengelolaan sdm mulai dari perencanaan, proses rekrutmen dan seleksi, pengembangan sampai kepada pemeliharaan sdm harus mengacu pada kompetensi yang telah ditetapkan.  Adanya integrasi dalam setiap tahapan pengelolaan sdm, maka fungsi-fungsi didalam organisasi dapat mengimplementasikan kompetensi didalam setiap aktivitasnya. Dengan demikian hasil pengembangan sdm berbasis kompetensi dapat terlihat secara jelas dan terarah sesuai dengan perencanaan awal.
     Sdm yang berkompetensi adalah sdm yang memiliki multy skill, yaitu dimana sdm tersebut mampu menguasai tidak hanya didalam bidang itu saja, namun dibidang lainnyapun mereka memiliki keahlian, pengetahuan, dan keterampilan. Menerapkan kompetensi didalam suatu organisasi tentunya akan membawa kebaikan-kebaikan bukan hanya untuk organisasi itu sendiri, namun juga untuk sdm-sdm yang ada didalamnya, jika organisasi tersebut menerapkan manajemen sdm yang berbasis kompetensi maka kinerja perusahaan dapat terkelola dengan baik, selain itu adanya sdm berbasis kompetensi dapat meningkatkan kinerja perusahaan untuk mengasilkan dan meningkatkan nilai yang dimiliki perusahaan ataupun nilai untuk sdmnya sendiri. Sdm yang berkompetensi akan mampu bersaing secara global untuk memenuhi tuntutan dunia kerja meskipun persaingan tenaga kerja meningkat secara tajam dari tahun ke tahun. Jadi pengembangan sdm yang berbasis kompetensi dapat memberikan hasil bagi perusahaan untuk mencapai sasaran dan tujuan perusahaan.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar