Rabu, 24 Agustus 2011

Penilaian Kinerja Karyawan


    




     Dewasa ini perkembangan globalisasi semakin meningkat, adanya kecepatan berbagai teknologi baru yang diiringi dengan informasi-informasi yang semakin relevan, membuat persaingan tenaga kerja semakin tajam, dimana perusahaan harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan perubahan yang terjadi di masyarakat. Memang tidaklah mudah untuk dapat mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti arus perubahan teknologi dan informasi, namun ditengah-tengah ketidakseimbangan yang terjadi, hal ini dapat mengakibatkan masalah bagi perusahaan salah satunya adalah terganggunya kinerja karyawan, yang dimana hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
     Kinerja perusahaan yang baik dapat menentukan kelangsungan hidup perusahaan dan karyawannya, serta dapat meningkatkan keuntungan perusahaan sehingga perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan usahanya. Peningkatan kinerja karyawan dapat dilakukan dengan cara melakukan pengelolaan dan pengembangan sdm secara tepat dan dilakukannya penilaian kinerja karyawan untuk memperoleh produktivitas kerja karyawan yang baik terhadap hasil yang telah dikerjakan oleh karyawan. Kinerja karyawan di perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa factor, seperti lingkungan kerja, kepuasan kerja, motivasi, program pelatihan dan pengembangan karyawan dan hal-hal lainnya.
     Penilaian kinerja adalah suatu proses yang mengukur dan membandingkan hasil kerja seseorang dengan  target yang harus dicapainya, bilamana hasil pengukuran menunjukkan sama atau lebih maka penilaian target kinerja tersebut dapat dikatakan berhasil dan dinyatakan sebagai prestasi kerja bagi karyawan. Penilaian kinerja dapat dilakukan dengan menggunakan metode seperti rating scale, checklist, employee comparison, ataupun critical accident.
     Langkah-langkah untuk melakukan penilaian kinerja yang pertama adalah penentuan sasaran, kemudia penentuan standar untuk kerja, yang ketiga metode dan pelaksanaannya, dan dilanjutkan dengan evaluasi penilaian. Dengan cara seperti ini adapun manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan penilaian kinerja, yaitu penilaian kinerja ini dapat digunakan untuk melihat sejauh mana prestasi kerja karyawan, sebagai dasar untuk mengevaluasi kinerja dan produktivitas karyawan, dan tentunya untuk meningkatkan motivasi bekerja para karyawan.
Mungkin hanya beberapa paragraf saja yang dapat saya jelaskan mengenai penilain kinerja karyawan. Semoga apa yang saya tuliskan dapat bermanfaat. Terima kasih. 
(*) contoh gambar diperoleh dari http://indosdm.com/formulir-generik-untuk-penilaian-kinerja&usg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar