Sabtu, 06 Agustus 2011

Pengelolaan SDM


Pengelolaan SDM
     Sumber daya manusia merupakan factor penentu keberhasilan suatu perusahaan didalam mencapai sasaran dan tujuannya. oleh karena itu sudah selayaknya jika kita mengelola sumber daya manusia dengan tepat. sumber daya disini adalah tenaga kerja/karyawan. Perusahaan yang mengelola tenaga kerjanya dengan tepat, tentunya akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas, handal, dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasar.
     Dewasa ini tingkat pengangguran di Indonesia bukannya semakin membaik, tetapi malah mengkhawatirkan. Sekalipun pemerintah telah menyediakan lapangan pekerjaan untuk mereka, tetapi hal itu dirasakan kurang memadai, persaingan kerja yang setiap tahunnya semakin meningkat diiringi dengan  persyaratan-persyaratan memasuki dunia kerja yang semakin tinggi pula, mereka yang melamar pekerjaan harus bersaing dengan banyak lulusan dari sekolah-sekolah tinggi baik yang berasal dari dalam ataupun luar negeri.
     Adanya masalah pengangguran yang tidak pernah ada ujungnya, bukan hanya pemerintah saja yang berurusan dengan masalah ini tetapi perusahaan-perusahaaanpun dan juga sekolah tinggi atau universitas ikut terlibat didalamnya.
     Sekolah tinggi atau universitas harus mampu menciptakan lulusan-lulusan yang siap bekerja yang telah dibekali dengan skill, attitude, dan tentunya adalah knowledge. Lulusan-lulusan yang berkompetensi, handal, mahir itulah yang dicari oleh perusahaan.
     Tidak sampai disitu saja lulusan-lulusan yang memiliki skill, attitude, dan knowledge yang baik harus mampu mempersiapkan diri untuk bersaing didunia kerja dengan mereka baik dengan karyawan yang sudah lama bekerja ataupun yang sama-sama karyawan baru.Adanya masalah pengangguran ini perlu kita telaah lebih dalam, dan mencari solusi bagaimana untuk mengatasinya.
     Maka disini pengelolaan SDM harus benar-benar diperhatikan dan dikelola dengan tepat. serta dibutuhkan pula pemberian suatu pelatihan sdm agar menghasilkan sdm yang berkualitas dan memenuhi tuntutan dunia kerja. Sdm yang berkualitas akan mampu mencapai sasaran dan tujuan yang diharapkan oleh perusahaan, serta mampu meningkatkan kinerja perusahaan.
     Mengelola sdm dapat diasumsikan seperti mengelola industry dimana bahan baku diterima, kemudian diproses melalui beberapa tahapan, sampai menjadi produk yang dapat diterima ditangan konsumen. Agar kualitas produk dapat memenuhi standar perusahaan, maka setiap tahapan proses harus direncanakan dan dikendalikan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sama halnya juga dengan sdm, harus disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan, dari setiap jabatan mulai dari tahapan rekrutmen, seleksi, penempatan, pendidikan dan pengembangan karyawan, penilaian kinerja, kompensasi, sampai kepada pemutusan hubungan kerja.
     Namun untuk mengelola sdm, perusahaan harus menghadapi setiap persaingan, serta tantangan perubahan dunia kerja yang signifikan, perusahaan harus tetap konsisten dan saling berkesinambungan untuk tetap mengelola sdm yang ada secara tepat dan baik, dengan begitu akan menghasilkan kepuasan kerja yang akan dirasakan hasilnya oleh karyawan dan juga perusahaan.
Terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar