Rabu, 10 Agustus 2011

Sdm Yang Berdaya Saing Global


Sdm Yang Berdaya Saing Global

     Dewasa ini, kemajuan informasi dan teknologi semakin berkembang pesat diseluruh dunia. Hal ini dapat dilihat dari munculnya teknologi-teknologi baru yang berkembang hampir diseluruh belahan dunia serta adanya kecepatan teknologi komunikasi yang dapat dengan cepat menyebarkan informasi-informasi ataupun  isu-isu yang dihadapi oleh berbagai Negara.
     Setiap Negara di dunia berlomba-lomba untuk menciptakan informasi dan teknologi yang baru, cepat, serta handal. Mereka berusaha bekerja keras dalam menghadapi persaingan global antar Negara yang akhir-akhir ini sering terjadi, tentunya mereka akan memperkenalkan IPTEK yang terbaik untuk memperbaiki serta memperkenalkan negaranya agar negaranya dapat terkenal dan maju.
     Hal inipun dirasakan sama oleh Negara Indonesia, yang ingin menjadi Negara maju. Meskipun Indonesia telah menjadi Negara yang berkembang dan diakui oleh Negara-negara di berbagai belahan dunia, serta Indonesia sebagai Negara yang kaya SDA, namun untuk bersaing dalam persaingan global, Indonesia masih jauh tertinggal. Mengapa demikian? Buruknya kualitas sdm didalam menciptakan informasi dan teknologi yang tepat masih sangatlah kurang, Indonesia masih memiliki kendala-kendala yang menyebabkan ia tertinggal oleh Negara lain, baik itu dari segi factor social, pendidikan, IPTEK, sdm, sampai kepada pembangunan Negara Indonesia yang sampai sekarang belum memperlihatkan kemajuannya. Factor-faktor tersebutlah yang menjadi tantangan untuk Negara Idonesia dalam memperbaiki kualitas negaranya agar dapat dipandang baik oleh Negara-negara lain.
     Sumber daya manusia adalah asset penting yang harus kita jaga, dan kita kelola dengan tepat. Sdm merupakan factor utama untuk menuju keberhasilan didalam persaingan global. Dengan menciptakan sdm yang tepat, handal, dan mahir dalam segala bidang, akan mampu menaikkan kualitas sdm sehingga mereka dapat bersaing dengan sdm-sdm Negara lain. Namun untuk menciptakan sdm yang berdaya saing global tentunya tidaklah mudah, banyak kendala dan tantangan yang harus dilalui. Nah… tanpa dibekali kemampuan dan keunggulan daya saing sdm yang tinggi, maka tidak dapat masuk untuk menembus pasar internasional.
     Adanya globalisasi yang merambah semakin cepat di Negara Indonesia, membawa sejumlah implikasi bagi pengembangan sdm di Indonesia, salah satunya adalah daya saing ekonomi. Daya saing ekonomi ini dapat terwujud apabila didukung oleh sdm yang handal serta mampu memenuhi kualitas dan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pasar. Tapi pada kenyataannya yang menyebabkan sdm Indonesia rendah diakibatkan karena kurangnya pendidikanserta para sdmnya tidak dapat menguasai IPTEK, hal ini menyebabkan ketertinggalan Negara Indonesia untuk bersaing didunia global selain itu juga Indonesia sangat jauh mengalami ketertinggalan IPTEK.
     Dampak yang ditimbulkan di era globalisasi ini jika informasi dan teknologinya mengalami kemajuan dilihat dari segi ekonomi, tentunya sdm Indonesia akan meningkat dengan pengetahuan-pengetahuan serta teknologi dan transportasi tersebut, secara tidak langsung akan mempengaruhi peningkatan ekonomi.
     Hal-hal inilah yang menjadi latar belakang alasan untuk melakukan pengelolaan sdm dengan tepat. karena jika pengelolaan sdm tidak tepat, bukan hanya perusahaan atau karyawan saja yang akan rugi tetapi negarapun akan dirugikan.
     Adapun langkah yang dapat ditempuh untuk dapat menciptakan sdm yang mampu berdaya saing global adalah dengan meningkatkan mutu indeks pembangunan manusia menuju sdm yang handal dan berkualitas. Sdm yang berkualitas merupakan bibit unggul yang bisa membawa perubahan yang jauh lebih signifikan kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Jika kualitas sdm tidak segera ditingkatkan kualitasnya, maka jangan heran, jika Negara yang kita banggakan ini jauh tertinggal dengan bangsa lain yang sudah dapat menembus luar angkasa, sementara Indonesia masih saja berkutat bagaimana memasukan benang kedalam jarum.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar