Sabtu, 20 Agustus 2011

Pelatihan Berbasis Kompetensi


     Masih mengenai sumber daya manusia dilingkungan kita, dimana sdm ini memiliki pengaruh yang sangat besar bukan hanya untuk suatu organisasi saja tetapi untuk diluar organisasinya juga. hmmmm… jangan bosen-bosen ya untuk membahas mengenai sumber daya manusia yang kita miliki dan kompetensi apa saja yang dapat kita kembangkan dari yang namanya sdm, langsung saja ke pembahasannya….
     Kali ini masih mengenai sumber daya manusia dan kompetensi yang dimilikinya.. masih ingatkah pembahasan beberapa waktu yang lalu mengenai sdm, kompetensi, dan gabungan dari keduanya, sampai kepada pengembangan sdm yang berkompetensi. Kali ini tidak kalah menarik dari topic pembahasan yang lalu, dan judul yang akan diambil adalah Pelatihan SDM yang Berbasis kompetensi. Bagaimana sih pelatihan sdm yang berkompetensi itu? Lalu seperti apa sih pelatihan sdm yang berbasis kompetensi itu? Simak jawabannya dibawah ini…
     Pelatihan berbasis kompetensi merupakan suatu model pelatihan yang sudah mulai digunakan oleh berbagai organisasi perusahaan untuk menciptakn sdm yang handal, mahir, dan tentunya memiliki keahlian dan keterampilan dibidang pekerjaan yang digelutinya.  Adapun tujuan  dari pelatihan berbasis kompetensi yaitu, setiap organisasi menginginkan sdm-sdmnya memiliki keterampilan yang lebih mahir, dapat menguasai pekerjaannya dengan baik, dan tentunya dengan sdm yang berbasis kompetensi dapat pula mencapai tujuan dan sasaran perusahaan yang diinginkan.
     Pelatihan berbasis kompetensi ini biasanya telah memiliki standar yang ditetapkan oleh perusahaan, dengan standar ini diharapkan pelatihan yang berbasis kompetensi dapat berhasil dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Standar kompetensi adalah bentuk keterampilan dan pengetahuan yang harus dimilikiseseorang untuk dapat melaksanakan tugas tertentu. Menurut Mathis dan Jackson (2001) ada 3 kompetensi yang harus dimiliki oleh sdm, yaitu pengetahuan tentang bisnis dan organisasi, pengetahuan tentang pengaruh dan perubahan manajemen, serta pengetahuan dan keahlian tentang sumber daya manusia secara spesifik. Menurut Dubois (1996) ada 5 tahapan untuk melakukan pelatihan berbasis kompetensi, yaitu analisis kebutuhan dan perencanaan masing-masing sdm, pengembangan model kompetensi, perencanaan kurikulum kompetensi (standar kompetensi yang seperti apa yang akan digunakan), perencanaan dan pengembangan serta melakukan pembelajaran ( dalam hal ini langsung kepada pelaksanaan pelatihan), dan evaluasi. Model ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sdm-sdm sehingga mereka dapat memberikan hasil yang baik bagi perusahaan dan sdmnya itu sendiri.
     Manfaat yang dirasakan dari adanya pelatihan yang berbasis kompetensi yang dilaksanakan oleh perusahaan adalah adanya kesempatan bagi karyawan untuk mendapatkan pelatihan melalui akses sertifikasi berbasis standar yang telah ada, meningkatkan keterampilan dan keahlian para sdm, dapat meningkatkan efektifitas rekrutmen dengan cara menyesuaikan dengan kompetensi yang diperlukan untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu, serta dapat meningkatkan keterampilan sdm sehingga mereka mampu bersaing secara global dengan sdm lainnya.
Demikian penjelasan mengenai pelatihan berbasis kompetensi, semoga dapat memberikan pengetahuan bagi penulis, dan para pembaca, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar